Artikel GKJ Kronelan

Saudara yang terkasih, supaya kita bisa hidup sesuai dengan perintah atau kehendak Tuhan, langkah pertama untuk mengenal kehendak Tuhan adalah kenali dulu apa yang tidak Ia kehendaki. Dalam segala sesuatu yang mau kita lakukan kenali apa yang tidak dikehendaki oleh Tuhan. Jika ada yang tidak dikehendaki Tuhan, maka jangan menunggu lama untuk mengatakan tidak! Saya tidak akan melakukannya karena Tuhan tidak menghendakinya. Nah, jelas sudah bahwa hidup menurut kehendak Tuhan harus dimulai dengan mengenal apa yang tidak dikehendaki dan apa yang dikehendaki Tuhan. Dalam proses itu kita menggunakan pikiran dan topangan doa. Iman memang membutuhkan pikiran (logika) dan, tentu saja, yang sangat penting adalah doa.

Kefokusan untuk mengenali kehendak maupun yang bukan kehendak Tuhan tentu sangat penting, inilah langkah keduanya. Jika seseorang tidak bisa fokus, terarah dengan cermat dan sungguh-sungguh maka bisa jadi akan buyar semuanya. Tidak bisa menangkap sesuatu dengan tepat sasaran yang ada malah sekenanya dan semaunya saja. Jika ini terjadi maka bisa saja pikiran, hati dan lain-lain akan mudah tergoyahkan karena adanya “suara-suara” yang lain. Bagaimana supaya bisa fokus pada apa yang seharusnya tepat didengarkan? Tentu saja pertajam pendengaran, pertajam penglihatan dan juga pikiran serta perasaan kita akan “suara-suara” dari Kristus. Sensitivitas hati, batin bahkan iman yang terasah menjadikan seseorang akan lebih fokus pada suara Kristus.

Hari ini kita banyak diperlihatkan bagaimana orang-orang terpanggil menentukan pilihan untuk melakukan kehendak Tuhan dalam kehidupannya, dari bacaan pertama bagaimana kepercayaan Yosua membawa dampak kepada umat Israel untuk taat dan melakukan perintah Tuhan dan terjadilah karya Tuhan bagi hidup mereka. Dari bacaan Mazmur kita tahu bahwa dalam segala musim kehidupan bahkan musim yang paling tidak baik pun Tuhan tetap hadir untuk “membebaskan” umatNya dari pergumulan hidup. Mazmur ini relevan sekarang ini bagi semua orang percaya yang di dalam kesesakan dan penderitaan berseru kepada Tuhan; itu membangun iman dan mendorong kita selama saat-saat kita memerlukan campur tangan Allah secara khusus di dalam kehidupan kita. Bahkan Rasul Paulus menasihati pelayan-pelayan Tuhan secara khusus untuk mereka tiru. Dan pokok nasihatnya harus benar-benar diperhatikan oleh mereka dan semua orang lainnya, yaitu, supaya mereka hidup sesuai dengan kehendak Allah.

Dari Injil yang juga kita baca hari ini, kita diingatkan bersama bahkan dengan tegas mengenai sikap hidup atau perilaku yang tidak sesuai dengan kehendak Tuhan untuk dijauhkan dari hidup kita. Teguran Kristus pada ahli Taurat dan orang-orang Farisi (yaitu, seluruh Mahkamah Agama (Sanhedrin) sebagai pengajar hukum. Di sini Yesus menggali lebih khusus lagi tentang perbuatan-perbuatan mereka yang tidak boleh kita teladani. Secara umum, yang dituduhkan kepada mereka adalah kemunafikan, ketidakjujuran, atau patokan ganda yang mereka terapkan dalam agama.

Mereka cenderung mencari ketenaran dan keunggulan, dan sangat menyombongkan diri dengan hal-hal ini. Mereka berusaha meraih dan menginginkan: Tempat-tempat terhormat dan rasa hormat. Juga gelar untuk memperoleh kemuliaan dan kehormatan. Mereka suka menerima penghormatan di pasar, suka melihat orang mengangkat topi kepada mereka dan menunjukkan rasa hormat ketika berjumpa dengan mereka di jalanan.

Kristus memperingatkan murid-murid-Nya agar tidak menjadi seperti mereka, agar tidak meniru perbuatan mereka yang mencari gelar kehormatan dan kekuasaan bagi diri sendiri serta menyombongkan wewenang dan kekuasaan. Mengapa? Karena hanya satu Pemimpinmu, yaitu Mesias. Kristus adalah Pemimpin, Guru, dan Penuntun kita. Kita semua adalah saudara mari kita saling merendahkan hati dan menundukkan diri satu sama lain. Jadi, bagaimana bapak ibu dan saudara-saudara sudah sangat jelas bagaimana dan apa saja yang Tuhan kehendaki untuk kita lakukan yang tidak dilakukan. Selamat untuk terus mengenal, fokus dan tetap rendah hati dalam melakukan kehendak Tuhan. Amin

Media Sosial Kami
https://gkjkronelan.or.id/
https://s.gkjkronelan.or.id/informasi/

By Admin