Artikel GKJ Kronelan

Markus 13 : 24-37. Jemaat yang dikasihi dan yang mengasihi Tuhan Yesus Kristus. Mulai Minggu ini kita memasuki Masa Adven dan Natal (MAN) 2023. Masa Adven adalah masa untuk refleksi diri, sebagai persiapan menyambut kedatangan Kristus. Sesuai dengan penantian Mesias oleh umat Israel yang terungkap di dalam kitab-kitab Perjanjian Lama, juga sehubungan dengan kedatangan-Nya pada Akhir Zaman. Setelah masa Adven tersebut berakhir pada Malam Natal, selanjutnya memasuki masa Natal, yang dimulai dengan Ibadah Raya Natal, 25 Desember 2023 sampai dengan Minggu Baptisan Yesus, tanggal 7 Januari 2024.

Adven-Natal tahun 2023 menjadi momen yang istimewa tetapi sekaligus perlu diwaspadai karena berada dalam rentang waktu kampanye capres dan caleg Pemilu 2024. Adapun tema besar Masa Adven dan Natal 2023 adalah “Menyambut Kristus dalam Pengharapan.” Tema tersebut mengajak umat di tengah perhelatan persiapan Pemilu 2024 untuk menyambut Kristus seperti yang dilakukan oleh para gembala dalam merespons berita dari malaikat. Mereka pergi untuk menyambut Kristus yang baru saja lahir. Kristus yang adalah Mesias, Yang Diurapi, Juruselamat dan Tuhan.

Pada Minggu Adven yang pertama ini, kita hendak belajar dari cara hidup jemaat mula-mula dalam menyambut kedatangan Tuhan Yesus. Jemaat mula-mula berharap Kristus akan segera datang kembali ke dalam dunia. Pengharapan itu sangat kuat disertai keyanikan bahwa pada saat Kristus datang kembali orang percaya akan masuk ke dalam kehidupan baru dengan “langit baru dan bumi baru” yang penuh damai dan sejahtera; suatu kehidupan sorgawi yang sangat dirindukan, sebagaimana dikisahkan dalam Injil Markus 13:24-37.

Sayangnya, kapan persisnya Anak manusia yang akan menjadikan langit dan bumi baru itu datang, tidak ada satu orang pun yang tahu. Anak Manusia juga tidak mengetahuinya, Hanya ada satu yang tahu, yaitu Allah Bapa sendiri. Karena tidak ada satu pun orang yang tahu kapan Dia datang, itu sebabnya Tuhan Yesus mengajak semua orang untuk hidup secara bijaksana dengan selalu berhati-hati dan berjaga-jaga.

Tugas kita dalam rangka memaknai Adven adalah melakukan karya kebaikan, sambil menantikan kedatangan Tuhan dalam Pengharapan dan Penyerahan diri. Selain itu, dalam melakukan karya-karya kebaikan juga diperlukan sikap dasariah seorang hamba yang selalu bersikap hati-hati atau tidak sembrono dalam menjalani hidup sambil terus berjaga-jaga atau waspada. Dalam konteks Pemilu 2024, kesembronoan kita dalam menentukan pilihan pemimpin bangsa, akan merugikan diri kita sendiri dan juga bangsa ini. Tidak menggunakan hak pilih alias GOLPUT adalah juga sikap sembrono. Sebab jika orang baik memilih golput, itu artinya negara ini sedang dipercayakan kepada orang yang tidak baik yang menggunakan hak pilihnya. Apa jadinya jika orang tidak baik memimpin negeri ini? Pasti kerugian besar akan dialami oleh bangsa kita.

Jadi, di masa Adven yang baik ini, mari kita memperbaiki sikap hidup supaya lebih bijaksana, lebih berhati-hati, lebih berguna, lebih berdampak baik dan lebih waspada. Selamat memasuki MAN 2023, Tuhan Yesus memberkati. Amin.

Media Sosial Kami
https://gkjkronelan.or.id/
https://s.gkjkronelan.or.id/informasi/

By Admin