Artikel GKJ Kronelan

Bacaan firman kita saat ini merupakan kisah-kisah anak manusia menjalani hidup yang penuh krisis. Mereka bergulat dengan pergumulannya masing-masing. Bacaan pertama kita berkisah soal Abram dipanggil Allah memasuki rencana-Nya. Kita mungkin bertanya dimana situasi krisisnya? Mari bayangkan, seandianya Anda hidup di tengah keluarga, relasi yang nyaman dan dekat dengan keluarga, pekerjaan menetap dengan penghasilan berlimpah, semua fit and settle. Tiba-tiba, semua harus ditinggalkan karena kepada Anda dijanjikan adanya kelimpaian hidup di tempat lain. Semua kenyamanan dan kelimpahan saat ini harus ditinggal karena Anda harus menuju tempat itu, sementara di mana lokasi itu Anda tidak tahu.

Kita bisa membayangkan bagaimana keadaan Abram ketika menceritakan panggilan Allah itu kepada istrinya, ibunya, dan seluruh anggota keluarganya. Guncangan pribadi dan keluarga besar atas datangnya panggilan tak biasa itu tentu ada. Belum lagi jika saat Abram mengiyakan panggilan itu, muncul hinaan dan ejekan sebab suara Tuhan itu tidak di dengar dan dimengerti orang lain. Dalam keadaan itu, krisis sangat mungkin terjadi.

Mazmur 121 juga dalam konteks yang hampir sama dengan peristiwa Abram. Mazmur ini adalah Mazmur ziarah. Mazmur ziarah ini dinyanyikan atau menceritakan tentang perjalanan yang ditempuh umat menuju Bait Suci di Yerusalem. Pada momen besar seperti Paska (Pesakh), Pentakosta (Shavuot), dan Pondok Daun (Sukkot) biasanya orang Yahudidari berbagai tempat terpanggil untuk berkumpul dalam festival besar keagamaan di Yerusalem. Perjalanan kemudian harus ditempuh ratusan dan ribuan mil. Jangan kita membayangkan perjalanan itu dapat ditempuh dengan bus, kereta api, pesawat, dengan prasarana lalulintas memadai, dan akomodasi yang lengkap. Perjalanan itu dicapai dengan cara yang berat dan meninggalkan kenyamanan.

Konteks dari Bacaan Injil Yohanespun berhadapan dengan sebuah krisis identitas bangsa yang dialami Israel. Menjadi bangsa yang berkali-kali menjadi koloni bangsa asing tentu tidak membuat nyaman bangsa Israel. Gerakan-gerakan mesianik pada awal abad masehi bermunculan untuk memenuhi nubuatan nabi-nabi Perjanjian Lama tentang datangnya sosok Mesias pembebas umat. Di tengah munculnya gerakan mesianik, muncul juga gerakan kemuridan Yesus. Apakah Yesus adalah sosok mesias yang dinantikan itu? Apakah kehadiran Yesus dapat menjadi jawaban dari krisis yang ada?

Dengan percaya atau beriman maka semua janji Allah dapat dialami. Pengalaman akan Allah akan membuat kita memasuki setiap krisis dalam naungan Tuhan. Itulah yang terjadi dalam kisah Abram karena ia menaruh iman/percayanya kepada Allah. Kepada Abraham dikaruniakan berkat. Hal itu dinyatakan dalam Roma 4 : 18, “Sebab sekalipun tidak ada dasar untuk berharap, namun Abraham berharap juga dan percaya, bahwa ia akan menjadi bapa banyak bangsa, menurut yang telah difirmankan: “Demikianlah banyaknya nanti keturunanmu”.

Mungkin ketika kita membaca Mazmur 121 : 1 muncul sebuah pertanyaan yang menunjukkan kegelisahan dan krisis. Pemazmur bertanya,“Aku melayangkan mataku ke gunung-gunung; dari manakah akan datang pertolonganku?”. Dari pertanyaan itu sepertinya pemazmur mengalami pergumulan batin. Namun ternyata pertanyaan itu tidak berhenti di sini sebab pertanyaan itu disusul dengan pernyataan pada ayat 2. Ayat itu merupakan sebuah ungkapan pengakuan percaya, “Pertolonganku ialah dari TUHAN, yang menjadikan langit dan bumi”. Berangkat dari pengalaman itu, pemazmur menceritakan bagaimana bukti Tuhan tempat mereka menaruh percaya itu membuktikan diri-Nya sebagai Penjaga umat-Nya yang tidak pernah lalai dan tertidur. Ia adalah Allah yang menyertai kehidupan umat-Nya dalam segala keadaan.

Pada minggu pra paska kedua ini, firman Tuhan menyapa kita agar tetap beriman meski di tengah krisis. Maukah kita, anda dan saya, menaruh iman percaya dalam keadaan krisis hidup? Bukalah hidup agar mengalami dan merasakan cara Tuhan bertindak menyelesaikan segala perkara. Dengan pertolongan Allah, semoga firman ini dapat kita hidupi. Amin.

Media Sosial Kami
https://gkjkronelan.or.id
https://linktr.ee/gkjkronelan

By Admin